Jumat, 31 Mei 2019

Pesantren di Magetan Gelar Sholat Tarawih Terlama, 8 Jam Baca 30 Juz!

Pesantren di Magetan Gelar Sholat Tarawih Terlama, 8 Jam Baca 30 Juz

sebelumnya diberitakan terdapat salat tarawih tercepat di indramayu, ialah 23 rakaat cuma dalam waktu 7 menit, namun lain dengan beberapa masyarakat magetan.

penyelenggaraan tarawih di masjid agung al – fatah, desa temboro, kecamatan karas, kabupaten magetan, memerlukan waktu dekat 8 jam dalam satu kali tarawih.

salat tarawih di masjid yang berposisi di lingkungan pondok pesantren angkatan laut (AL) fatah itu diselenggarakan tiap hari sepanjang bulan ramadan.

pengurus pondok pesantren angkatan laut (AL) fatah, zaenal abidin, berkata salat tarawih yang diselenggarakan di masjid al – fatah jumlah rakaatnya sama dengan di masjid lain ialah 20 rakaat salat tarawih dan juga 3 rakaat salat witir.

kelainannya, tarawih di masjid ini menuntaskan teks satu mushaf alquran dalam satu kali salat tarawih.

dengan panjangnya ayat alquran yang dibaca membikin waktu salatnya juga jadi lama.

“jadi 30 juz di alquran dipecah buat 20 rakaat. dengan 4 rakaat salam. jadi satu rakaat rata – rata 1 juz alquran, ” jelas ia dikala ditemui solopos. com di masjid al – fatah temboro magetan.

lazimnya, salat tarawih dilaksanakan sehabis salat isya dekat jam 19. 00 waktu indonesia barat (WIB) dan juga tuntas keesokan harinya dekat jam 03. 00 waktu indonesia barat (WIB) ataupun pas pada dikala sahur.

partisipan salat tarawih mayoritas dari golongan penghafal alquran ataupun hafiz, mulai para santri ponpes angkatan laut (AL) fatah dan juga pengajar pondok tersebut.

zaenal menuturkan pada bertepatan pada 1 sampai 15 ramadan lazimnya majelis salat tarawih diiringi puluhan sampai ratusan santri.

tetapi, dikala ini sebagian besar santri sudah kembali kampung sampai – sampai cuma sebagian aja yang menjajaki salat tarawih yang dapat dikatakan luar biasa lama ini.

4 kali ubah imam
buat imam salat juga terdapat 4 orang sampai – sampai sepanjang 20 rakaat terdapat pergantian imam. makmum salat tarawih itu juga wajib menyimak secara seksama teks imam yang hafal alquran. nampak sebagian makmum bawa mushaf alquran dikala salat.

“sebenarnya salat tarawih ini buat universal. warga luar pula dapat turut. namun, karna waktunya lama tidak sering masyarakat universal yang dapat menjajaki, ” jelas ia.

lebih lanjut, zaenal abidin menarangkan sesungguhnya di masjid yang mempunyai luas dekat 2 hektare ini tidak cuma terdapat satu majelis salat dengan teks 30 juz aja. tetapi, terdapat sebagian majelis salat tarawih ialah salat tarawih dengan 5 juz alquran, 7 juz alquran, dan juga 15 juz alquran.

“jadi salat tarawih di masjid besar tidak cuma satu titik ataupun majelis. namun terdapat sebagian majelis dengan tempo waktu yang berbeda – beda. namun amat lama benar yang 30 juz ini, ” cerah masyarakat yang sudah puluhan tahun menetap di desa temboro ini.

buat salat tarawih dengan teks 30 juz ini benar cuma terdapat di satu posisi masjid.

sebaliknya, buat warga universal di desa temboro lazimnya salat tarawihnya dengan teks 1 juz hingga 1, 5 juz dalam satu kali salat tarawih dengan tempo dekat 1 jam hingga 1, 5 jam.

pantauan madiunpos. com di posisi majelis salat tarawih di masjid angkatan laut (AL) fatah, senin malam, terdapat belasan orang menjajaki salat tarawih 8 jam ini. terdengar si imam salat melantunkan ayat suci alquran dengan tempo kilat.

( sumber: liputan6. com )

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda